PGRI BONDOWOSO

Rencana Pemerintah mengeluarkan Formasi Guru dari CPNS mulai Tahun 2021

Penulis : SONY ANDIWIJAYA

 

Aspirasi dari bawah :
1. Jika rencana Pemerintah ini berhasil maka posisi Guru akan diperlemah, Jabatan Guru  depannya hanya bersifat Kontrak Kerja. Artinya kekurangan Guru secara Nasional akan dipenuhi dengan Rekruitmen PPPK.

2. Pemerintah telah resmi mengusulkan dalam Prolegnas)* terhadap Revisi UU 20/2003 ttg Sisdiknas dan UU 14/2005 ttg Guru dan Dosen, maka perlu pengawalan pasal2 di dalamnya yang berpotensi memperlemah kedudukan Guru (sama halnya dengan RUU HIP yang memeras Pancasila menjadi Tri Sila)

3. PPPK merupakan Kebijakan Pemerintah untuk menyelesaikan permasalah Honorer yang umurnya di atas 35 Tahun, aturannya sudah jelas ada dalam UU ASN Perlu menjadi perhatian :
a) TPG untuk PPPK belum ada aturannya, ini perlu dikawal agar nantinya sama dengan teman2 PNS yaitu PPG Dalam Jabatan Biayanya Ditanggung Pemerintah alias Gratis.
b) Pemutusan Sepihak Perjanjian Kerja oleh Pemerintah (Pusat + Daerah) dengan dalih perampingan organisasi, harus ada Pemetaan yang Valid terhadap Anjab dan ABK per/tahun sehingga tidak ada kelebihan Guru baik untuk PNS/PPPK.
c) Dorongan dari PGRI agar Revisi UU ASN segera dituntaskan, jika Revisi UU ASN di Syah-kan maka PPPK akan sama haknya dengan PNS dengan mendapatkan Pensiun dan Pemutusan Kontra Kerja PPPK dengan dalih perampingan organisasi harus mendapatkan persetujuan DPR.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *