PGRI BONDOWOSO

Permainan Mengejar Mimpi

KARYA INOVATIF
Permainan Mengejar Mimpi

Karya:

KURDI, S.Pd.SD

SDN SUMBER ANYAR 1 – JAMBESARI DARUS SHOLAH

KABUPATEN BONDOWOSO

Karya Inovatif

Alat Peraga Pembelajaran

 

  1. Judul                     : Permainan Mengejar Mimpi
  2. Tahun Pembuatan  : 2017
  3. Mata Pelajaran      : Tematik
  4. Kelas                    : 3 (tiga) Semester Genap
  5. Jenis Media           : Alat Peraga
  6. Pembuat               : KURDI, S.Pd.SD SDN Sumber Anyar 1
  1. Penjelasan Media:
  • Standar kompetensi : 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
  • Kompetensi Dasar:1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
                Bahan dan alat:
  • Papan kayu/triplek
  • Baner (gambar Profesi)
  • Siku alumunium
  • Dadu
  • Kartu soal
  • Kunci Jawaban
  • Gambar Profesi/kertas
  • Pion pemain
  • Rangkuman Materi/Buku

 

Pembuatan Media :

           Cara pembuatan media ini relatif mudah karena cukup mencetak gambar-gambar printer sesuai pilihan profesi/pekerjaan. Gambar hasil cetakan ditempel pada papan atau kertas manila. Sesuaikan urutan masing-masing profesi berdasarkan peringkat nilai profesi dan tempatkan dibeberapa gambar profesi gambar pilihan gambar kesempatan dan gambar poin ganda.  Pada posisi awal adalah gambar start dan pada pojok kanan atas adalah gambar perpustakaan. Diperlukan membuat kartu soal yang banyak dapat berupa pilihan ganda atau isian sesuai kebutuhan agar permainan tidak membosankan bagi siswa. Pembuatan dadu dapat menggunakan balok potongan kayu yang dilubangi dan diberi warna hitam dan putih pada bulatan kecil nomor dadu.

Cara menggunakan :

  1. Media berupa papan atau kertas yang sudah tercetak berisi gambar-gambar profesi dan kartu soal yang diletakkan diatas papan/kertas. dan menyiapkan kartu Skor/Poin 1,2 , serta kartu profesi sesuai nilai profesi.
  2. Peserta/pemain terdiri dari 4-5 siswa, khusus 1 siswa yang bertugas menjadi fasilitator dalam permainan dan bertanggung jawab memberi skor dan memegang kunci jawaban
  3. Setiap pemain mendapat satu buah Pion / kertas bertuliskan namanya dan modal skor 3 masing masing pemain.
  4. Pemain melakukan hompimpah/Tos untuk menentukan siapa yang melempar dadu terlebih dahulu
  5. Setiap pemain melempar dadu sesuai dengan urutanya. Apabila langkah pion tepat pada kotak gambar profesi maka diganti oleh pemain berikutnya.
  6. Pemain melempar dadu menjalankan pion sesuai hasil lemparan dadu, apabila langkah pion tepat pada kotak kesempatan dan poin bonus maka pemain berhak mengambil kartu soal dan menjawabnya. Apabila menjawab soal benar pada kotak kesempatan mendapatkan Skor 1 dan poin bonus mendapatkan skor 2.
  7. Apabila jawaban siswa salah maka wajib memberikan skor yang dimilikinya 1 poin kepada fasilitator permainan.
  8. Pemain melempar dadu menjalankan pion sesuai hasil lemparan dadu, apabila langkah pion tepat pada gambar perpustakaan maka pemain wajib membaca materi sampai pemain lain melewati start.
  9. Apabila pemain sudah tidak memiliki poin dan salah menjawab pertanyaan secara otomatis akan diberi sanksi pion pemain menempati kotak perpustakaan, pada saat mendapatkan sanksi siswa diberi untuk membaca materi yang disediakan kemudian menunggu peserta lain berputar kembali atau melewati posisi start.
  10. Kartu soal yang telah dijawab diletakkan paling bawah dengan posisi seperti semula
  11. Pemain yang memiliki skor banyak berhak untuk memilih profesi yang diinginkan, nilai masing-masing profesi berbeda dengan rincian sebagai berikut :
  • Petani          : 10
  • Pedagang     : 15
  • Perawat        : 20
  • Polisi            : 25
  • Tentara         : 30
  • Dokter          : 35
  • Anggota DPR : 40
  • h. Guru         : 45
  • i. Presiden     : 50

    Apabila pemain sudah memiliki profesi yang diinginkan maka berhak untuk mendapatkan 1 Kartu profesi, dan dapat mengambil kartu soal kesempatan memberikan pada pemain lain, apabila lemparan dadu dan urutan langkah pion tepat pada profesi yang dimilikinya. Jika jawaban pemain lain salah maka wajib memberikan skor/poin 1 kepada pemilik profesi, dan jika benar tidak dikenakan sanksi. Pemain dinyatakan menang jika memiliki jumlah skor/poin yang paling banyak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *