PGRI BONDOWOSO

SEKOLAHKU MUSEUMMU

SEKOLAHKU MUSEUMMU

Penulis : Kurdi.S.Pd.SD
SDN Sumber Anyar

 

 

       Sosok guru yang dirindukan berjalan di bebatuan kerikil-kerikil tajam, menerobos licinnya jalan pedesaan. Menoleh kanan dan kiri celingukan ditepi jalan, dalam hati mencoba bertanya dimanakah suara-suara lirih dan senyum sapa Assalamualaikum dari wajah penerus bangsa. Sepi dan hening hanya melintas lalu lalang para pekerja di pedesaan. Akankah suasana ini terus menyirami bumi pendidikan ini ?

       Tibalah sang guru disekolah, antara harapan dan putus asa masih menyelimuti dirinya, suasana masih seperti kemarin janji-janji suci penguasa negeri ini sembunyi dibalik awan. Tak terdengar lagi riak-riak kecil suara canda gurau mereka, nyanyian kehangatan gelora mereka. Sekolahku akankah menjadi gedung-gedung yang membisu sepi senyap, meskipun tegak berdiri ada saatnya nanti akan rapuh karena tanpa penghuni. Dinding kaca kemilaunya terlihat kusam, pintunya pun kaku tak bergeming karatnya sentuhan.

        Sekolah yang dulu bersinar dengan cahaya ilmu dan amal kebajikan kini tertunduk lesu nampak suram, akankah ber inkarnasi menjadi museum museum tua tak berpenghuni. Dulu disekolah kita sering mengenalkan sejumlah museum di Indonesia, untuk mengenang peninggalan sejarah masa lalu, kini akankah sebaliknya generasi akan datang menjadikan sekolah hanya museum senja tenggelam ditelan waktu.

     Tak terbayangkan akan menjadi kisah pilu di negeri ini, Pendidikan berhamburan tercerai berai tak menentu mencari jati dirinya. Mungkin kita belum menyadari atau kitalah terlalu diam merasa damai dialamnya. Semua merasa dikejutkan orang tua, guru, masyarakat, dan pemerintah. Hampir setahun dampak pandemi virus covid-19 ini ia berlalu lalang mencari korban-korban yang baru. Hanya Tuhanlah yang dapat menghentikannya, kita sesungguhnya tak berdaya, berserah dirilah dan kembali ke jalan Tuhan-NYA.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *