PGRI BONDOWOSO

HIDUP SEDERHANA KUNCI BAHAGIA

Penulis Kurdi, S.Pd.SD

Guru Pinggiran

 

MENCARI BAHAGIA SEJATI

 

Sederhana dalam hidup adalah kunci bahagia yang sejati, menggapa tidak,? orang yang sederhana ialah orang yang bisa hidup dalam kecukupan dan merasa cukup meskipun bagaimana keadaannya, sederhana sangat tidak mungkin dimiliki bagi sifat yang hedonois. kenyataannya tidak sedikit orang yang mencari kebahagiaan tapi malah menemukan petaka. mungkin karena dia tidak punya kesederhanaan. Cak Lontong berkata ”miskin itu berbeda dengan sederhana karena miskin itu kondisi hidup sedangkan sederhana adalah gaya hidup”.

Tidak ada jaminan hidup bergelimang harta akan bahagia, tidur dihiasi permadani, makan-makanan bergizi, butuh sesutu segala serba ada, hanya melambaikan tangannya sudah ada di depan meja. Apabila  kekayaan itu dapat membuat anda bahagia tentunya orang terkaya di jerman tidak mati karena bunuh diri. dan jika kepandaian itu bisa membuat anda bahagia tentunya James William Sidis orang yang terjenius didunia tidak akan mati dalam kemiskinan dan kemelaratan, apa yang membuat Qorun di tenggelamkan dibumi, Firaun di tenggelamkan dilaut dan Tsa’labah mati dalam keadaan kufur.? penyebabnya adalah harta. secara fisik memang mereka adalah orang orang yang kaya, tapi harta tidak membuat mereka bahagia.

Ada hal kecil yang kadang kita lupakan, yakni bersyukur atas nikmat dan karunia-Nya. tak sedikit orang yang menganggap mencari kebahagiaan itu sangat susah. Bahkan, banyak orang yang mengalami stres dan depresi karena kurang bahagia.  orang mengejar kebahagiaan dengan ingin terlihat mewah. padahal, hidup sederhana, dapat membebaskan dirimu dari kesombongan.

Kesederhanaan merupakan cara pandang dalam kehidupan. Meski hidup penuh kesederhanaan, bisa membuat seseorang merasa bahagia selama terus merasa bersyukur. Sederhana tak berarti miskin. Sederhana bisa diartikan dengan sikap apa adanya sesuai kebutuhannya, dengan hidup sederhana bisa membuat merasa damai dan lebih mudah bersyukur.

4 komentar untuk “HIDUP SEDERHANA KUNCI BAHAGIA”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *