PGRI BONDOWOSO

PERAN ORANG TUA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis : KURDI, S.Pd.SD
GURU PINGGIRAN
PERAN ORANG TUA MASA PANDEMI COVID-19

 

 

     Orang tua merupakan guru yang perdana untuk anak, sebab orang tualah yang pertama kali mendidik ataupun menanamkan pendidikan dasar kepada anak-naknya. Motivasi ialah ketentuan mutlak dalam belajar, oleh sebab itu sebaiknya orang tua tetap memotivasi anak supaya lebih aktif dalam belajar dan meraih prestasi. Motivasi belajar dari orang tua merupakan salah satu wujud nyata berartinya kedudukan orang tua terhadap pembelajaran anak – anaknya, Tetapi sayangnya, mayoritas para orang tua menyerahkan pendidikan seluruhnya pada sekolah. meskipun itu tidaklah keliru sepenuhnya.

 

       Sebagaimana kita tahu bahwa pembelajaran itu bisa dilaksanakan dimana saja, baik dilingkungan keluarga, area sekolah, ataupun di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu peran orang tua harus memberikan pembelajaran kepada anaknya. Orang tua dalam kaitannya dengan pembelajaran anak merupakan tanggung jawab moral, dan tanggung jawab sosial, serta tanggung jawab atas  kebahagiaan dunia dan akhirat.

      Kedudukan orang tua dalam pertumbuhan anak sangat krusial. Bermacam riset menampilkan kalau pencapaian pelajar bertamba bil orang tua mengambil kedudukan aktif dalam pembelajaran anak-anak mereka. Salah satunya ditunjukkan oleh hasil riset Harvard Family Research Project ’ s ( HFRP ) yang memperlihatkan kalau keterlibatan orangtua mempunya kaitan erat dengan hasil prestasi anak . Temuan ini secara tidak berubah – ubah telihat , pada indikasi – indikasi kesuksesan anak , apakah itu nilai , skor penilaian yang mempunyai standar , ataupun tata cara pengukuran lain tercantum evaluasi guru. Peran orang tua penting untuk perkembangan kognitif dan emosional anak,  ibu serta ayah dapat berkontribusi secara seimbang.

 

      Pandemi Virus Covid-19 ini momentum orang tua untuk berperan aktif lebih dekat dengan anak, dengan segala positif dan negatifnya akan tetapi orang tua seyogyanya membangun komitmen bahwa pendidikan anak adalah tanggung jawab kita semua. Orang tua perlu menjalin kerja sama dengan guru atau sekolah bagaimana memahami kurikulum dan memberikan pengajaran saat mendampingi anak. melakukan komunikasi dengan anak sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang.

 

      Dorongan dan motivasi terhadap anak diperlukan lebih-lebih dimasa pandemi seperti ini bagaimana mereka merasa jenuh dan bosan belajar dirumah. jangan terlalu membebani dengan tumpukan tugas-tugas atau tuntutan harus diselesaikan, bawalah mereka dalam suasana yang menyenangkan senyum dan tawa bergembira tanpa adanya paksaan. Semoga pandemi ini segera berlalu….

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *