PGRI BONDOWOSO

APA YANG HARUS DIMILIKI PESERTA DIDIK MENGHADAPI PERSAINGAN ABAD 21

MASUKAN
PETA JALAN PENDIDIKAN KEMENDIKBUD RI

Oleh : Baedhowi

 

A. Karakter yang kuat ditinjau dari segi moral, kinerja dan kebangsaan

Kepribadian kuat merupakan pribadi yang tidak mudah terpengaruh oleh asumsi orang lain. justru lebih mempertahankan prinsip yang dimiliki dan tidak mudah goyah. Karakter yang kuat adalah wujud pemahaman dan pengetahuan seseorang tentang nilai-nilai mulia dalam kehidupan yang bersumber dari tatanan budaya, agama dan kebangsaan seperti nilai moral, nilai etika, hukum dan nilai budi pekerti, serta syariat agama serta diwujudkan dalam sikap, perilaku dan kepribadian sehari-hari hingga mampu membedakan satu dengan lainnya.

B. Literasi erasi Bahasa, Numerasi,Finansial, Sains, Teknologi, Digital dan lain-lainnya

Mendikbud (2017) menyatakan bahwa, Bangsa yang maju tidak dibangun hanya dengan mengandalkan kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. Bangsa yang besar ditandai dengan masyarakatnya yang literat, yang memiliki peradaban tinggi, dan aktif memajukan masyarakat dunia.

Dengan kata lain, bangsa yang maju dengan budaya literasi tinggi  memperlihatkan kemampuan bangsa dalam berkolaborasi, berpikir secara kritis, kreatif, komunikatif sehingga dapat bersaing di persaingan global.

C. Kompetensi Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

kompetensi adalah seperangkat pengetahuanketerampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasi oleh peserta didik dalam pembelajaran (PP 74/2008). pada dimensi pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dibutuhkan pada abad 21 meliputi: Pertama, learning and innovation skills; kedua, information, media and technology skillsdan ketiga, life and carrer skills

 

Editor : Guru Pinggiran

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *