PGRI BONDOWOSO

TEGA GURU HONORER DIPECAT!

TEGA GURU HONORER DIPECAT!

Oleh : Kurdi,S.Pd.SD

Guru Pinggiran

Sumber Foto : Screen Shot Kompas.TV

 

       Dua hari yang lalu viral dimedia sosial dan media elektronik tentang berita pemecatan oleh oknum kepala sekolah Dasar Negeri 169 Desa Sadar Kabupaten Bone, atas guru honorer bernama Hervina (34) Tahun yang sudah mengabdi kurang lebih 16 tahun dengan alasan unggahannya di media sosial tentang curhatan gajinya yang ia terima. Sungguh tega akhirnya banyak tanggapan dari berbagai pihak tidak hanya dari PB PGRI ibu Unifah melainkan Kemendikbud juga ikut turun tangan, sebagaimana ketua PB PGRI  ibu Unifah Rosyidi, mengatakan tindakan pemecatan dengan alasan tersebut tidak bijak.

    Mendengar berita tersebut sesama insan pendidik ikut merasa bersedih ditengah-tengah problematik dunia pendidikan kita, bagaimana mungkin hanya karena curhatannya kepala sekolah dapat bertindak diskriminasi dan terkesan kurang bijaksana. hal ini menunjukkan bahwa profesi guru honorer sangat rentan dan dapat dipecat sewaktu-waktu sehingga diperlukan perlindungan atas profesinya yang mulya ini. Memang guru honorer dipandang sebelah mata oleh sebagian orang karena statusnya, akan tetapi curahan keringat, tenaga dan pikirannya ia rela korbankan untuk berlangsungnya pendidikan dan tumbuhnya generasi penerus bangsa.

     Alasan apapun haknya harus tetap dilindungi ia berharap tetap dapat mengajar kembali disekolah tersebut, semoga harapanya akan terkabul. Kami dari jauh tetap bersama ibu hervina doa kami menyertainya tetaplah semangat dan berjuang demi generasi bangsa yang lebih baik. Dengan kejadian ini kita berharap tidak akan ada hervina yang lain dimasa akan dating.

      Semoga ini momentum bagi pemerintah dan semua pihak untuk mencari solusi terbaik tentang bagaimana guru honorer dimasa depan tentang status dan kesejahteraanya dan dilindungi hak-haknya. Belum lagi rencana pemerintah rekrutmen PPPK harapannya guru honorer yang sudah mengabdikan diri lebih lama akan menjadi prioritas utama tentunya.

 

1 komentar untuk “TEGA GURU HONORER DIPECAT!”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *