PGRI BONDOWOSO

Mengapa Pendidikan Indonesia Buruk?

Penulis : Kurdi, S.Pd.SD

Mengapa Pendidikan Indonesia Buruk ?

 

        Setiap 3 tahun sekali sejak tahun 2000 Indonesia dan berbagai negara lain selalu mengikuti tes bernama pisa, pisah terakhir diadakan di tahun 2018 nah tempo hari penyelenggara pisa itu baru mempublikasikan hasil skor tes pisa tahun 2018. Buat yang belum tahu atau liat sebetulnya hasil tes pisa Indonesia ini bisa bikin kita mengernyitkan dahi terhadap kondisi pendidikan di Indonesia Kenapa karena ternyata skor pisa kita itu relatif rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain ada tiga aspek yang menentukan total skor Pisa pertama adalah membaca kedua adalah Matematika dan ketiga adalah sains diketiga aspek itu skor Indonesia menurun dari tes pisa terakhirnya di tahun 2015 berikut adalah Jumlah penurunannya hasilnya sekarang Indonesia ada di peringkat tujuh puluhan dari 78 negara di 3 aspek tersebut alias peringkat 10-an terbawah dari hampir 80 negara

         Dari hasil itu banyak pertanyaan yang muncul di benak gua dan mungkin juga muncul di loh misalnya kalau sekarang emang kenapa Apakah pendidikan Indonesia itu bermasalah dan kalo emang pendidikan Indonesia bermasalah Emang apa sih yang bisa kita lakuin buat mengatasi kondisi kita Coba telusuri sedikit demi sedikit terkait jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut 

      Memang bukanlah hal baru tapi saat itu punya pandangan yang cukup berbeda dibandingkan evaluasi atau teks biasanya itu tidak berusaha mengetes pencapaian pendidikan siswa lewat hal-hal yang bisa mereka hafal atau ingat saja jadi fokusnya bukan di hafalan tapi bisa melihat bagaimana siswa khususnya yang umurnya 15 tahun itu bisa siap dalam menjalani kehidupan karena penyelenggara itu menyadari bahwa menghafal aja itu Nggak cukup buat kita untuk menjalani kehidupan dengan baik ada tiga hal yang perlu ditekankan oleh sistem pendidikan pertama kita perlu bertanya

       Ketika semua pekerjaan udah berubah tulisannya muncul robot dan sebagainya Apakah siswa-siswa ini bisa menghadapi tantangan di masa depan yang kedua Apakah siswa-siswi ini setelah lulus bisa nggak sih mereka melakukan analisis dan penalaran logika yang baik karena ini adalah fundamental kalau logikanya gak baik maka pelajaran apa pun yang diterima bisa jadi nggak diterima secara baik juga yang ketiga Apakah siswa-siswi ini selalu lurus bisa nggak Mereka punya kapasitas untuk belajar terus-menerus selama hidup mereka

         Maka dari itu ada tiga Aspek penting yang dicoba diukur oleh pisa yang tadi terkait membaca yang pertama, yang kedua matematika yang ketiga adalah sains, ini diukur untuk menjawab 3 pertanyaan tadi trading buat belajar itu buat mikir, hal-hal baru bisa dibentuk juga sebetulnya terdapat kasus dimana tenaga yang siap bekerja dan lulusan pendidikan itu udah banyak banget nih jadi udah banyak banget orang yang lulus kuliah ibaratnya tapi masalahnya, ada yang itu nggak Mac dengan yang dibutuhkan oleh industri makanya banyak pengangguran gitu kan ibaratnya yang kita pelajari di sekolah itu tidak kepakai saat kita mau bekerja di industri ini. 

      Hal-hal yang harus kita pelajari di sekolah intinya hal atau pengetahuan  kita dapatkan di sekolah misalnya seperti fisika geografi dan sebagainya itu ternyata tidak kepakai pakai banget saat kerja dan bila Sangat dibutuhkan oleh industri di sisi lain industri itu berkembang cepat banget banyak sel-sel baru yang dibutuhkan di market supaya alias tenaga kerja yang udah lulus itu tidak mendapatkan pelajaran tentang skill skill yang dibutuhkan itu saya juga ngerasain hal ini nih sejak SD SMP SMA tidak pernah belajar tentang YouTube atau sosial media di sekolah tapi ternyata sekarang banyak banget kan pekerjaan yang berkaitan dengan sosmed

       Pendidikan di abad 21 dan masalahnya juga industri cepet banget berkembang pasti ada aja skill baru yang dibutuhkan the market dan banyak pekerjaan pekerjaan baru yang muncul yang nggak pernah ada sebelumnya kan pekerjaannya baru muncul mungkin awalnya 2007-2008 gitu kan Makanya sebuah negara dikatakan skor Pisa yang tinggi supaya bisa anda itu supaya bisa beradaptasi dengan pekerjaan pekerjaan dan tantangan baru gitu terus apa artinya kalau skor Pisa sebuah negara itu rendah kalau kita coba melihat sejarah dan tujuan dari pisang itu sendiri maka bisa dikatakan bahwa ketika skor Pisa sebuah negara rendah dalam hal ini skor Indonesia rendah maka bisa dikatakan bahwa dari pendidikan formal di Indonesia itu Nggak segitunya membantu siswa-siswinya soal kesiapan mereka menjalani hidup dengan baik setelah mereka lulus nah dalam hal ini intinya siswa dan siswi Indonesia itu kurang dipersiapkan untuk masuk ke dunia industri atau pekerjaan dan berkontribusi ke masyarakat.

        Kita juga bisa melihat bahwa sekarang lulusan sekolah SMK atau perguruan tinggi dengan pengangguran cukup tinggi, kenapa Salah satunya karena ada game skill yang dibutuhkan oleh industri dengan yang kita pelajari di sekolah ini kan jadi masalah besar.  ya Meskipun memang ada argumen kontra juga sih terhadap bisa tapi dari indikator ini aja kita bisa melihat bahwa Oh Ternyata mungkin proses pendidikan Indonesia ini Perlu diperbaiki lagi gitu solusinya tentu kita perlu mengevaluasi sistem pendidikan yang ada saat ini dan mengubahnya dengan sistem yang lebih tepat.

     Apakah perlu perbaikan kurikulum, Apakah perlu perbaikan guru bisa jadi jawabannya adalah Iya, ini kurikulum sekolah itu mungkin belum secara tepat mengajari kita hal-hal yang penting buat kehidupan kita tentunya kita perlu kurikulum yang baik dong kita perlu juga mengevaluasi guru-guru supaya bisa mengajar dengan tepat tapi apakah berarti penurunan  hari ini jadi kesalahan dan tanggung jawab si pembuat kurikulum atau si guru ini yang mungkin kurang tepat ngajarnya menurut saya sendiri kita terus nggak bisa sepenuhnya menyalahkan pembuat kurikulum atau menyalahkan guru kenapa? karena ya bikin kurikulum Tuh kan susah nih belum lagi banyak birokrasi kepentingan politik pro kontra di masyarakat dan lain sebagainya apalagi kalau kita ngomongin pemerintahan kan akhirnya adopsi hal-hal baru jadi lambat di dunia

 

53 komentar untuk “Mengapa Pendidikan Indonesia Buruk?”

  1. Excellent post. I was checking continuously this blog and I’m impressed!
    Very useful info specially the last part 🙂 I care for such info a lot.
    I was looking for this particular information for a long time.
    Thank you and good luck.

  2. With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism or copyright infringement?
    My site has a lot of unique content I’ve either created myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my agreement.

    Do you know any methods to help reduce content from being stolen? I’d certainly appreciate it.

  3. Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it.
    Look advanced to more added agreeable from you! By the way, how can we
    communicate?

    Here is my webpage; sky1388 (Everett)

  4. Having read this I believed it was really informative. I appreciate you finding the time and energy to put
    this informative article together. I once again find myself personally spending a lot of time both
    reading and commenting. But so what, it was still worth it!

    Here is my page: test aaa1188 (Sonya)

  5. An interesting discussion is definitely worth comment.
    I think that you ought to publish more about this subject matter, it may not be a taboo matter but typically people do not discuss such topics.
    To the next! Many thanks!!

    Here is my page – Ashley

  6. Excellent post. I was checking constantly this blog
    and I am impressed! Very useful information particularly the ultimate section 🙂 I
    take care of such info a lot. I was looking for this certain information for a
    long time. Thank you and best of luck.

    Also visit my website … epicwin online

  7. Hi, Neat post. There is a problem with your site in web
    explorer, could check this? IE nonetheless is the marketplace chief and a
    big part of people will miss your fantastic writing because of this
    problem.

    Also visit my web blog – love138 ios

  8. Galatasaray’dan teklif alan PAOK’un Mısırlı sol kanat oyuncusu Amr Warda’nın, transferine
    izin verilmemesiyle çılgına döndü. Warda, antrenmanda hocası Razvan Lucescu ile
    kavga boyutunda tartışma yaşadı. Sert görüşmenin ardından Warda sahadan ayrıldı ve takımın kaldığı otele döndü.
    Warda’nın öğleden sonraki idmana katılmadığı aktarıldı.
    Lucescu’nun Warda olayından sonra futbolculara bir konuşma yaptığı ifade edildi.

    transfer izni

  9. I’m just writing to make you know what a magnificent experience my wife’s princess obtained visiting your site.
    She realized such a lot of issues, most notably what it is like to have
    a marvelous helping mindset to get folks with ease know
    precisely chosen complex subject matter. You actually did more
    than readers’ desires. Thanks for presenting those good,
    safe, explanatory and even Cool Portable Air Conditioner tips about the topic to Jane.

  10. I’m amazed, I must say. Seldom do I come across a blog that’s both educative and
    entertaining, and let me tell you, you’ve hit the nail on the head.

    The problem is something which not enough men and women are speaking
    intelligently about. I’m very happy I came across this in my hunt for
    something regarding this.

    Also visit my blog; Astroscope Reviews

  11. Hi there! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog platform are you using for this
    site? I’m getting fed up of WordPress because I’ve
    had issues with hackers and I’m looking at options for another platform.

    I would be great if you could point me in the direction of
    a good platform.

    Look at my homepage: Forti Prime Ingredients

  12. Oh my goodness! Amazing article dude! Thanks, However I am
    having difficulties with your RSS. I don’t know the reason why I cannot subscribe to it.
    Is there anybody getting similar RSS problems? Anybody who knows the
    solution can you kindly respond? Thanks!!

    Also visit my website :: KetoBHB +

  13. What’s Taking place i am new to this, I stumbled upon this
    I’ve discovered It absolutely helpful and it has helped me out loads.
    I hope to give a contribution & assist different customers like its aided me.
    Good job.

  14. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something
    that I think I would never understand. It seems too complex and very broad for me.
    I’m looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!
    quest bars http://j.mp/3C2tkMR quest bars

  15. Greetings! This is my first comment here so I just wanted to
    give a quick shout out and say I genuinely enjoy reading through your articles.
    Can you suggest any other blogs/websites/forums that go over the
    same topics? Thanks! scoliosis surgery https://0401mm.tumblr.com/ scoliosis surgery

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *