PGRI BONDOWOSO

RAPAT PLENO PGRI BONDOWOSO SEPAKAT KONFERENSI KERJA, TIDAK KLB

RAPAT PLENO PGRI BONDOWOSO SEPAKAT KONFERENSI KERJA, TIDAK KLB

 

Kamis, 17 Juni 2021, Bertempat di Gedung Guru Indonesia Jalan Raya RBA Ki Ronggo No 33 Karanganyar-Tegal Ampel-Bondowoso, PGRI Kab. Bondowoso melaksanakan Rapat Pleno Pengurus lengkap dengan seluruh Ketua Cabang PGRI se-Kab. Bondowoso. Rapat Pleno ini merupakan forum resmi organisasi, yang dilaksanakan atas aspirasi berbagai elemen PGRI Kab. Bondowoso untuk mengambil langkah organisatoris pasca mundurnya Ketua PGRI Kab. Bondowoso.

Dalam rapat pleno kemarin, dihadiri oleh pengurus PGRI Propinsi Jawa Timur, terdiri dari Ketua PGRI Jawa Timur, Drs. H. Teguh Sumarno, MM, sekretaris umum, Drs. Sudarmadji, M.Si., dua orang wakil ketua, Bambang Sucipto, S.Pd., M.Si. dan Drs. Sumarto, MM., sera satu orang Koordinator Wilayah PGRI Besuki Raya, Dr. I Wayan Wesa Atmaja,M.Si.

Rapat pleno dibuka dengan paparan awal dari Plt. Ketua PGRI, Dwi Windu Krisyanto, S.Pd. dalam paparannya Windu, menyampaikan bahwa PGRI Kab. Bondowoso berjalan normal melaksanakan berbagai kegiatan organisasi selama lima bulan terakhir, meski Ketuanya mengundurkan diri. Dimulai dengan safari kunjungan ke Bupati Bondowoso, Wakil Bupati Bondowoso, Ketua DPRD Bondowoso, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, dan stakeholder lainnya yang merupakan mitra PGRI dalam mewujudkan program kerjanya. Bahkan SLCC PGRI Kab. Bondowoso menjadi salah satu peserta dalam Parade Nasional SLCC PGRI se-Indonesia. SLCC PGRI Bondowoso mengangkat tema Ijen Geopark Go To School dan GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan) yang merupakan bentuk sinergitas PGRI dengan Disparpora Bondowoso dan sekolah-sekolah di Bondowoso untuk mendukung diakuinya Ijen Geopark Bondowoso menjadi Geopark tingkat dunia oleh UNESCO.

Selanjutnya rapat diserahkan ke Pengurus PGRI Propinsi Jawa Timur. Pengurus PGRI Propinsi Jawa Timur memberikan pencerahan organisatoris berbasis pada pemahaman AD/ART PGRI. Pencerahan diawali oleh Ketua PGRI Propinsi Jawa Timur. Teguh menyampaikan bahwa PGRI organisasi besar yang memiliki sejarah panjang dalam perjuangan. Banyak hal-hal besar dan krusial yang harus ditangani PGRI. Persoalan yang sederhana hendaknya diselesaikan dengan mudah, tidak perlu dipersulit dengan tetap mengacu pad AD/ART.

Sekretaris Umum PGRI Propinsi Jawa Timur, Sudarmadji, menjelaskan bahwa hasil Konkab PGRI Bondowoso sudah sah dan memiliki kekuatan hukum. Pengurus PGRI Kab. Bondowoso telah melaporkan kegiatan organisasi dengan bagus dilengkapi bukti-bukti pendukung, berjalan normal dan tidak terganggu oleh masalah yang ada. Berkaitan dengan mundurnya Ketua PGRI Bondowoso, maka langkah Pengurus PGRI Kab. Bondowoso sudah benar sesuai AD/ART. Apa yang dilakukan pengurus sudah melalui konsultasi dengan Pengurus PGRI Propinsi Jawa Timur. Mekanismenya adalah melakukan rapat pleno pengurus dengan bidang-bidang, membuat berita acara pemilihan Plt. Ketua, yang dilampiri dengan surat pengunduran diri ketua secara tertulis, kemudian mengajukan ke Propinsi, yang ditindaklanjuti dengan penerbitan SK Plt.Ketua oleh propinsi. Langkah ini sudah benar. Masa jabatan Pl. Ketua, berlaku selama 6 bulan. Mekanisme selanjutnya, setelah berakhirnya masa jabatan Plt. Ketua, dilakukanlah konferensi kerja yang dihadiri oleh seluruh PC PGRI Kab. Bondowoso untuk menentukan penggantian pengurus yang mengundurkan diri atau yang kosong, bukan mengganti seluruh pengurus. Jadi tidak perlu melakukan KLB, kita mengikuti mekanisme AD/ART saja.

Koordinator Wilayah PGRI Besuki Raya, Dr. I Wayan Wesa Atmaja,M.Si., menambahkan bahwa kasus yang terjadi pada Ketua PGRI Kab. Bondowoso, merupakan kasus personal bukan kasus kelembagaan organisasi. Telah diproses sesuai aturan organisasi, diberhentikan dengan hormat, serta ditunjuk Plt. Ketua. Maka secara kelembagaan organisasi PGRI Kab. Bondowoso tidak bermasalah, terbukti dengan berjalan normalnya organisasi dengan masifnya berbagai kegiatan yang dilakukan. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan konferensi kerja sesegera mungkin untuk melakukan penggantian kekosongan pengurus.

Dalam rapat tersebut diwarnai aksi walk out oleh dua  Pengurus Cabang, yang tidak setuju dengan penjelasan yang disampaikan Pengurus PGRI Propinsi Jawa Timur. Dua PC tersebut tetap ngotot untuk mengusulkan KLB. Sementara peserta rapat dan 21 Pengurus Cabang lainnya tetap bertahan mengikuti rapat pleno. Mereka merasa tercerahkan dan menerima penjelasan yang telah disampaikan. Mereka juga menyampaikan, agar PGRI Kab. Bondowoso tetap utuh, bersatu, menjaga soliditas dan solidaritas sebagai organisasi profesi dan perjuangan. Salah seorang Ketua PC, mengibaratkan, jika sebuah rumah itu rusak gentengnya, maka cukup gentengnya saja yang diganti, bukan dengan merobohkannya. Ketua Pengurus Cabang lainya menyampaikaan, agar Pengurus PGRI Kab. Bondowoso segera mempersiapkan Konferensi Kerja yang dilaksanakan dalam waktu dekat dengan mengakomodir seluruh aspirasi yang ada. Rapat pleno selanjutnya, secara bulat menyepakati untuk menyelesaikan permasalahan di PGRI Kab. Bondowoso melalui Konferensi Kerja (nkh)

9 komentar untuk “RAPAT PLENO PGRI BONDOWOSO SEPAKAT KONFERENSI KERJA, TIDAK KLB”

  1. Alhamdulillah…
    Semoga Konferensi Kerja Nantinya menjadi momen terindah untuk merapatkan barisan memajukan dan menyejahterakan Anghota PGRI Bondowoso

  2. Alhamdulillah…
    Semoga Konferensi Kerja Nantinya menjadi momen terindah untuk merapatkan barisan memajukan dan menyejahterakan semua Anggota

  3. R.AS.MUHAMMAD RIZQAHAYATULLAH,S.Pd.SD

    Dalam rapatvkerja seharusnya merangkul semua elemen baik dari TK s/d SMA atau SMK baik negeri maupun swasta . Agar betul betul benar bahwa pengurus PGRI itu lengkap bukan asal dari SD.

  4. mochrosyadi1505@gmail.com

    Sepakat cak Nur sejak” taun gak enak” menurut istilah saya nih, kepengurusan PGRI kab bondowoso tidak pernah terjadi satu dominasi dari tingkatan lembaga tertentu yang menguasai kepengurusan.

  5. Saya bersyukur Konferensi Kerja I PGRI Kabupaten Bondowoso terselenggara hari ini 27-10-2021 bertempat di Ijen View Bondowoso dengan sukses dan lancar sesuai AD ART PGRI…..

  6. Saya bersyukur Konferensi Kerja I PGRI Kabupaten Bondowoso terselenggara hari ini 27-10-2021 bertempat di Ijen View Bondowoso dengan sukses dan lancar sesuai AD ART PGRI….. Jalayah PGRI

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *