PGRI BONDOWOSO

PENDIDIKAN ADALAH NUNTUN

NGAJI FILSAFAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA

“PENDIDIKAN ADALAH NUNTUN”

OLEH : Dr. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag

 

Ki Hadjar mendefinisikan pendidikan itu sebagai tuntunan, tuntunan yang berarti pendidikan itu sebenarnya nuntun kan banyak orang menganggap pendidikan itu ngisi tapi sebenarnya pendidikan itu menuntun kayak kita nuntun anak kecil itu lu potensi berjalan ada di anaknya kita hanya nuntun biar dia bisa tegak bisa melangkah sendiri dan tidak jatuh bukan kita yang membuat dia berjalan dia sebenarnya sudah punya potensi sudah punya kemampuan untuk jalan kita hanya mengawal makanya istilahnya nuntun

Sehingga menurut Ki Hajar pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya jadi pendidikan itu nuntun membangkitkan potensi anak sehingga dia jadi manusia seutuhnya yang selamat dan bahagia jadi hakekatnya pendidikan ini kalian ini kan semuanya sedang menjalani pendidikan maka pertama-tama perhatikanlah potensimu kemampuanmu makanya sering-sering saya panas-panasi sih saya provokasi mbok kamu kenali dirimu mau kamu investigasi dirimu kamu Muhasabah itu Dalam rangka apa kenali potensimu tidakaa  manusia yang tidak berguna kemungkinan kalau kamu merasa Pak Saya ini gunanya apa Pak saya rasa apa apa tidak bisa mungkin kamu kurang jeli membaca potensinya sehingga potensinya ndak bangkit bangkit ndak keluar-keluar ya kalau dalam dunia pendidikan butuh guru-guru yang bisa nuntun yang bisa membangkitkan mengembangkan potensinya sehingga kamu jadi manusia yang utuh Selamet bahagia kenapa bahagia ya kalau hidupmu selaras dengan jiwamu dengan bakatmu dengan potensi kamu kan seneng bahagia fashionmu  kalau katanya bahasa hari ini. jadi ya gambarannyanya kalo kayak kalian misalnya bakatnya apa tapi kuliahnya ngambil jurusan ap,a mungkin kamu bakatmu itu agama-agama beberapa hafapan quran kalau disuruh doa kalau itu nyaman senangnya luar biasa tapi terus kamu ngambil jurusan yang kleru misalnya jurusan Opo yang nggak nyambung sama agama itu kan kamu tersiksa di jurusan Mungkin kamu bisa lulus karena kamu pinter IP kamu tinggi tapi kamu ndak penuh nanti ada yang tersingkirkan justru potensi utamamu, seorang guru itu yang unggulan biasanya bisa melihat warna ini pinternya dimana bakatnya Di mana kalian besok juga gitu kalau jadi guru atau jadi orang tua perhatikan anak-anakmu perhatikan murid-muridnya saya bilang tadi nggak ada manusia yang tidak berguna enggak ada anak yang tidak berpotensi semuanya berpotensi Tinggal ketemu atau nggak ketemu kalau kamu hari ini merasa Pak segitu bapak ndak ngerti apa-apa saya tidak bisa apa-apa belum ketemu saja kok sampai besok besok belum ketemu ya berarti kamu kurang jeli membaca dirimu aja lagi setiap orang istimewa ndak ada yang istimewa Jadi kalau ada yang bilang di Indonesia itu tidak ada yang istimewa selain martabak ndak di Indonesia itu semua orang istimewa hanya saja Mungkin kamu belum ketemu Makanya jangan sia-siakan hidupmu kita hidup hanya sekali mosok hidup hanya sekali aja ndak ketemu potensi unggulan mu yang dititipkan oleh Allah jadi itulah hakekat pendidikan menurut Ki Hajar itu kalimat dari beliau anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu meskipun mengenyam pendidikan di tempat yang sama dan dididik oleh guru yang sama tentunya setiap murid punya alamnya punya jalannya sendiri Jadi kalian meskipun kuliah di kampus yang sama di jurusan yang sama ketemu dosen yang sama kos-kosannya juga Sama Tapi nanti jalanmu pasti beda-beda sesuai kodrat mu masing-masing ini berarti Anta pendidik itu mengarahkan merawat menuntun menumbuhkan kodrat yang dimiliki oleh seorang anak jadi itu hakekat pendidikan sekarang tujuannya 3 Tri Rahayu Kenapa sih kita harus menyelenggarakan pendidikan mbok yo sedang orang punya bakat sendiri-sendiri biar jalan sendiri-sendiri nggak harus di openi serius karena pendidikan itu nanti menghasilkan tiga guna yang luar biasa yang pertama hamemayu hayuning Syahriro yang kedua hal memayu hayuning bongso yang ketika hamemayu hayuning Bawono, Jadi kalau pakai bahasa Indonesia mungkin lebih pasnya memelihara diri menjaga dan memelihara bangsa menjaga dan memelihara alam semesta kalau mana letter leknya hamemayu mempercantik dan di pendidikan itu membuat dirimu terjamin sama Mayor ayuningsari Solid membuat bangsamu terjamin Lestari membuat alam semesta ini langgeng tertib jadi amayu hayuning sariroh ama memayu hayuning bongso hal memayu hayuning Bawono ini level pertama-tama dirimu sendiri harus beres kalau dirimu Beress banyak orang masing-masing dirinya beres bangsa kita juga beres kalau bangsa-bangsa semua beres alam semesta juga bebek jadi pendidikan itu membuat kita beres dengan pendidikan ya pendidikan itu kan muatannya ilmu dengan ilmu kan segalanya bisa berkualitas bisa meningkat maka kenapa harus ada pendidikan ya demi diri kita demi bangsa kita demi kehidupan kita di alam semesta ini jadi pendidikan adalah kuncinya peran depan kalau kita ingin maju ya pendidikan jalannya Kalau kita ingin sukses ia pendidikan kalau kita ingin bahagia ya pendidikan kalau kita ingin hidup nyaman ya pendidikan dan jadi ndak boleh kita menyepelekan pendidikan karena kuncinya hidup ternyata adanya dipendidikan jadi menurut Ki Hajar pendidikan berguna untuk hamemayu hayuning syariro dirimu itu indah maka lestarikan ke Andai keindahannya hamemayu hayuning bongso bangsa kita itu indah maka kita lestarikan keindahannya hamemayu hayuning Bawono alam semesta ini indah kita lestarikan kita percantik lagi keindahannya jalannya apa pendidikan ok filosofi dari Ki Hajar Dewantoro terus dasarnya apa Oh ini populer sekali dulu kamu SD topi dan ada tulisannya ini dari ki Hajar Dewantoro yang jadi semboyan dunia pendidikan di Indonesia jadi pendidikan itu dasarnya tiga namanya triloka kita yang ada di dunia pendidikan perhatikan ini khususnya para pendidik ing ngarto sung  tulodo ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani hafal wes banyak jadi kalau kalian berposisi di depan harus memberi contoh public figure harus memberi contoh kalian punya anak buah harus memberi contoh jadi yang ada di depan harus memberi contoh yang ini berarti kalian harus jadi yang baik jadi teladan ada kelebihan apapun yang kalian miliki diantara temanmu diantara lingkunganmu berarti kalian sedang dengan ingarso Tugasmu apa Sung tulodo kalian dilihat orang kalian diikuti orang maka beri contoh yang baik jadi ini kamu ingat-ingat besok kalau kalian janji apapun punya jabatan apapun berarti kalian sedang Ingat kalian sedang di depan berarti Tugasmu apa Sung tulodo Berilah contoh yang baik kayak saya ini kan kita di depan kalian lihat saya semua itu yang mau tidak mau saya harus sung tulodo memberi contoh Kalau boleh saya enggak pakai baju resmi gini sarungan saja kaosan mungkin santai nih ya Enggak enak, kenapa kalian contoh aku nanti jadi harus sung tulodo kamu di depan Adikmu di rumah juga harus tulodo karena kamu ada kelebihan di depan lagi mukamu di depannya Oke Nah yang kedua ing madyo itu ditengah jalan di tengah-tengah posisinya sedang bareng-bareng yang dilakukan apa Mangun kardo membangun kreativitas jadi kalau kalian ada di tengah di tengah berarti berposisi sedang bersama sejajar dengan yang lain kamu sama temanmu di kelas itu dengan sedang bersama sedang bareng-bareng yang harus kamu lakukan apa Mangun Karso kreatiflah bikin inisiatif-inisiatif lahirkan hal-hal yang baru yang produktif namanya Eng Madyo Mangun Karso ketika kalian ikutnya jenis utama yang ikut ngaji kan ini bareng-bareng ya bikin inisiatif-inisiatif bersama kamu kok duduknya di situ dan sendenan terus misalnya gimana caranya biar kita bisa giliran dapat sendenan itu kreativitas-kreativitas di tengah-tengah kuncinya kemajuan itu kan ada di tengah-tengah ketika orang membangun kreativitas Jadi kalau kalian sedang di tengah Medan Perjuangan kreatiflah kalian bersama-sama temanmu senasib seperjuangan kreatiflah yang terakhir yang dijadikan semboyan Tut Wuri Handayani ini untuk para pendidik khususnya perhatikan Tut Wuri Handayani tadi saya bilang pendidikan itu nuntun berarti apa mengikuti anak didik nuntun itu kan di belakang Setyo paling enggak di samping tapi kan agak kebelakang naik nuntun di depan itu namanya nyeret nuntun itu pasti di belakangnya kayak adikmu yang baru bisa jalan ituin kamu nuntun kamu pegang tangannya dua kamu ajak berdiri dia jalan di depan hubungan dibelakangmu kalau dibelakangmu Nanti kamunya red adikmu nah the namanya Tut Wuri Hai mendidik itu momong tutwuri yang dilakukan apa kalau kalian sedang di belakang Handayani Handayani terus memberdayakan menguatkan mendukung Jadi kalau kalian sedang ada di belakang kuatkan dukung dia berdayakan dia biarkan potensi-potensi nya yang bagus keluar jangan didikte jangan dimarah-marahi apalagi diisi dengan yang jelek-jelek biarkan dia Mandiri ikuti dari belakang berdayakan dia dukung dia itu namanya Tut Wuri Handayani jadi pendidikan ini kalau ingin sukses yang di depan memberi contoh yang ditengah creative produktif dan yang di belakang mendukung kalau-kalau dalam struktur pendidikan ya berarti yang di belakang itu bisa guru bisa kampusnya bisa pemerintahnya harus Tut Wuri Handayani  jadi itu tiga dasar kerja seorang pendidik tiga semboyan pendidikan yang namanya triloka Jadi kalian jeli membaca posisimu ada di mana Kok kebetulan di depan ya beri contoh yang baik kok yo Dadi penuntun jadi guru jadi pengajar ya berdayakan Handayani sedih pendukung yang di belakang yang menguatkan itu namanya tutwuri Handayani jadi kalau tadi tujuannya tadi adalah trirahayu dasarnya triloka.

 

Penulis : KURDI, S.Pd.SD

25 komentar untuk “PENDIDIKAN ADALAH NUNTUN”

  1. You could definitely see your enthusiasm in the article you write.
    The world hopes for more passionate writers such as you who
    are not afraid to say how they believe. All the time follow your heart.

  2. Greetings! I’ve been reading your web site for some time now
    and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Houston Texas!
    Just wanted to mention keep up the fantastic job!

  3. hi!,I like your writing very so much! percentage we keep up a correspondence more approximately your post on AOL?

    I require an expert on this house to resolve my problem.
    May be that is you! Looking forward to look you.

  4. We are a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your web site provided us with valuable info to work on. You have done a formidable job and our
    whole community will be grateful to you.

  5. I’m very pleased to find this page. I wanted to thank you
    for your time for this wonderful read!! I definitely
    liked every little bit of it and i also have you book marked to check out new stuff on your web site.

  6. Hey! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due
    to no backup. Do you have any methods to protect against hackers?

  7. I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored material stylish.
    nonetheless, you command get got an shakiness over that you wish be
    delivering the following. unwell unquestionably come more formerly
    again since exactly the same nearly very often inside case you shield this hike.

  8. Thank you for sharing superb informations. Your site is so cool. I am impressed by the details that you’ve on this blog. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this web page, will come back for more articles. You, my pal, ROCK! I found just the information I already searched everywhere and just could not come across. What an ideal site.

  9. Hi, Neat post. There is an issue along with your web site in web explorer, may test thisK IE nonetheless is the market chief and a large portion of other folks will leave out your fantastic writing because of this problem.

Tinggalkan Balasan ke http://tinyurl.com/23nabmwp Batalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *