PGRI BONDOWOSO

MUSBER WALMUR DI SEMPABOSA

MUSBER WALMUR DI SEMPABOSA

( MUSYAWARAH BERSAMA WALI MURID) SMPN SATU ATAP BOTOLINGGO SATU

Oleh   : SRI RAHAYU,S.Pd

Waktu Telah Menunjukkan Pukul 08.30 Wib, Ini adalah Rapat Perdana Selama Saya Berada di SMPN 1 satu Atap Botolinggo, Sekitar 59 Hari Saya berada di SMPN Negeri 1 Satu Atap Botolinggo Menjadi PLT Atau Pelaksana Tugas Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Satu Atap Botolinggo. Tepatnya Mulai Tanggal 31 Januari 2022 Saya Menerima Tugas Sebagai PLT Kepala Sekolah di Sini.

Hari ini bersama Wali Murid Kelas 7, 8 dan 9 Yang bertempat di Aula SD- SMP NEGERI 1 SATU ATAP BOTOLINGGO. Saya memimpin rapat di mana dibantu oleh Bapak komite yang bernama Pak Hartoyo juga di sebelah kanan saya ada Bu Kikit Widayati selaku MC yang membantu mengatur jalannya acara rapat pada hari ini, tak lupa pula ada Bapak muafiq sebagai operator yang menjalankan  slide dari powerpoint  dan juga Ibu Lia yang menjadi notulen, serta Ibu Lika sebagai dokumenmentasi, Ibu Vera ,Ibu Ratna , Pak Sapta dan semua yang  ikut membantu kelancaran rapat pada pagi ini.

Rapat sudah dimulai sambil dibacakan susunan acaranya oleh master of ceremony yaitu Ibu Kikit, susunan acara yang ,1) adalah pembukaan, 2) adalah sambutan kepala sekolah yang ,3) adalah sambutan komite, 4) adalah acara inti yaitu rapat bersama Wali Murid, 5) adalah penutup dan doa.

Untuk pembukaan oleh master of ceremony dimulai dengan membaca Basmalah bersama-sama agar rapat perdana ini diberi kelancaran kemudahan dan kesuksesan apa yang dicita-citakan, diijinkan dan diijabah oleh Allah serta mendapat ridho dari Allah SWT.

Melangkah ke sambutan kepala sekolah yaitu Ibu Sri Rahayu, SPd. Yang sampaikan ucapan salam terlebih dahulu dan juga  memperkenalkan diri siapa ibu kepala sekolah ini, dari mana asalnya dan bagaimana keluarganya serta pendidikannya ,bagaimana dan semua disampaikan dengan gamblang apalagi di dalamnya ada motivasi- motivasi kepada wali murid yang ada di dalam rapat ini.

Mengapa ibu kepala sekolah memberikan motivasi tentang pendidikan Ibu Sri Rahayu?, karena setelah membaca, melihat keadaan di daerah Gayam kidul dan sekitarnya, kebanyakan orang tua di sana hanya menginginkan anak-anaknya itu bersekolah sampai di tingkat SMP, setelah itu pastilah gendong cucu ,momong cucu itulah tujuan mereka.

Sehingga ibu kepala sekolah bisa berkesempatan untuk memotivasi di mana ibu kepala sekolah ini juga termasuk dalam keluarga yang berkatagori di bawah garis kemiskinan, namun dengan semangat yang tinggi dapat meraih cita-cita.

Sebenarnya tidak ingin dibuat contoh, namun ibu kepala sekolah hanya memotivasi bagaimana dengan motivasi kepala sekolah ini ,apakah nantinya ada perubahan?, semoga ada dan kita doakan bersama-sama sehingga siswa-siswi yang ada di sekitar SMP Negeri 1 Satu Atap Botolinggo ada perubahan bisa melanjutkan ke SMA atau SMK lalu menuju ke perguruan tinggi.

Sebenarnya putra dari Bapak Komite sendiri yaitu bapak Hartoyo putranya sudah mengajar di SMP Negeri 1 Satu  Atap Botolinggo ,walaupun beliau masih masuk kedalam jajaran guru tidak tetap, tetapi di sini sudah bisa menjadikan contoh teladan kepada tetangga sekitar yang ada di daerah GayamKidul, Klekean khususnya.

Tidak hanya sebatas dari Bu Sri Rahayu selaku kepala sekolah dengan ceritanya tentang bagaimana pahit getirnya untuk mencapai sebuah cita-cita ,di sini juga tidak hanya Pak Dianto dijadikan contoh, namun dari SMP Negeri 1 Satu Atap Botolinggo ini sudah ada yang hafiz Quran, ada yang sudah S-2 pendidikannya, ada yang menjadi petugas di Puskesmas Botolinggo, ada yang menjadi pegawai di di Balai Desa Klekean khususnya.

Setelah sambutan kepala sekolah selesai dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak komite yaitu Bapak Hartoyo, di sini Bapak Hartoyo menyampaikan tentang tujuan dikumpulkannya para wali murid SMP Negeri 1 Satu atap Botolinggo dari kelas 7, 8 dan 9, isinya adalah minta tolong kepada para warga sekolah atau wali murid dapat membantu sekolah, agar sekolah ini lebih baik, diminta kerjasamanya diminta partisipasinya, di dalam bidang pendidikan dan permodalan  sekolah.

Mengapa Bapak komite berbicara demikian?, memang benar adanya karena SMP Negeri 1Satu  Atap Botolinggo ini adalah masih sekolah kecil ,di mana itu masih butuh banyak dana untuk mengembangkan Sekolah ini dan juga butuh murid yang banyak sehingga dengan tujuan agar sekolah Satu Atap Botolinggo ini bisa menjadi SMP Reguler demikian yang disampaikan oleh Bapak komite.

Namun Bapak komite tidak berbicara hanya sebatas sampai pada uraian diatas, namun saya selaku penulis bisa merekam apa yang disampaikan oleh Bapak komite yaitu Bapak Hartoyo (Bapak komite )tersebut menyampaikan sesuatu yang diluar dugaan dari saya selaku kepala sekolah bahwa beliau menyampaikan sesuatu atau apa yang pernah dikatakan oleh gurunya beliau. Dengan bahasa Madura khas nya yaitu itu “ANAK NA JHAK KA BANDHA, NANGING ANAKNA BANDHAI”. ( Anak kita jangan dijadikan modal namun anak kita harus dimodali untuk bisa mengejar cita-citanya).

Dan Bapak komite juga masih memberikan apa ya semacam jargon-jargon yaitu disampaikan kepada wali murid” JER BASUKI MOWO BEO artinya SEGALA SESUATU PASTI AKAN ADA BIAYA” kalau mau mencapai atau mengejar cita-cita jadi para wali murid dari kelas 7,8,9 itu diajak untuk membiayai membantu tentang tenaga dan pikiran  untuk sekolah SMP Negeri Satu Atap Botolinggo.

Selain itu bapak komite juga mengajak kepada para wali wali murid yang ada di ruang Aula SD- SMP Negeri 1Satu Atap Botolinggo mengajak bagi siswa-siswa yang menganggur tidak melanjutkan ke sekolah tolong digiring agar masuk ke SMP Negeri 1 Satu Atap Botolinggo.

Baiklah untuk sambutan-sambutan sudah selesai lalu dilanjutkan ke acara inti yaitu rapat sehingga ibu kepala sekolah mulai membuka kembali yaitu kita berbicara tentang khususnya murid kelas 9 terlebih dahulu karena sebentar lagi di tanggal 14 April 2022 akan diadakan USPBK yaitu ujian satuan pendidikan berbasis komputer ,di sini siswa kelas 9 akan diantar jemput oleh petugas menuju ke SMP Negeri 1 Prajekan, mengapa demikian?, karena kita adalah sekolah penggabung ,sekolah kita masih belum bisa melaksanakan USPBK secara mandiri dengan catatan karena memang tidak ada teknisi dan tidak ada proktor serta memang tidak ada yang PNS sama sekali yang akan mempertanggungjawabkan keadaan ini.

Akhirnya Bapak Ibu wali murid mengerti bahwa memang segala sesuatunya itu butuh dana di mana dana di SMP ini sangat kecil sampai-sampai gurunya itu ada yang ditangguhkan dulu gajinya dan gajinya itu tidak seberapa atau mungkin malah lebih besar dari bapak ibu yang kerja di sawah, ternyata di iya kan, iya bu saya sehari sekian, karena itu marilah kita minta kesadarannya Bapak Ibu mari kita besarkan sekolah ini dengan bersama-sama sekolah ini minta bantu tenaga dan pemikiran. Bapak Ibu sebagai wali murid artinya Bapak Ibu kalau misalnya parkir sepeda itu kan ada sesuatu yang harus diberikan, begitu pula seperti siswa-siswi atau putra-putri bapak ibu semua diamanahkan ke SMP mari kita butuh kerjasamanya sebenarnya di pendidikan ini memang banyak sekali program-program pemerintah misalnya ada yang Siswa memiliki PIP, kartu PIP dan disini memang dapat membantu siswa dalam hal pembiayaan, namun juga banyak siswa yang tidak dapat PIP, mungkin karena sesuatu hal sehingga mari kita minta kerjasamanya, jadi silakan menabung dari kelas 7,8,9 dan tabungan inipun tidak memberatkan orang tua , dari acara rapat inti ini acara menabungnya ternyata disetujui Alhamdulillah.

Setelah berbicara tentang tabungan lalu, Ibu kepala sekolah melanjutkan di mana juga ada yang perlu didapatkan yaitu tentang IJEN GEOPARK ,ini ada permintaan dari Kepala Dinas dan dari Kabupaten yaitu Bapak Bupati juga meminta setiap sekolah ada IJEN GEOPARK CORNER.

Disini yang harus banyak kita rapatkan bersama wali murid, karena kalau  kita membuat ijen Geopark corner itu di sekolah dibuat miniatur dari semen artinya kita akan mendatangkan seorang seniman membutuhkan dana yang banyak, membutuhkan bahan material ,sehingga dalam rapat tersebut diminta kesepakatan kepada wali murid IJEN GEOPARK ini akan diwujudkan di dalam bentuk banner, sehingga apa saja yang ada di Ijen Geopark di daerah Kabupaten Bondowoso ini akan kita desain di banner dengan ukuran 2 m x 3 m  sehingga di situ nanti membutuhkan kayu-kayu seperti kayu bambu untuk penyangganya, juga ada tempat duduk dari bambu juga serta juga rak buku yang harus kita tata buku tentang ijen Geopark corner Bondowoso, di mana destinasi wisata yang ada di Bondowoso ini harus kita perkenalkan secara lokal dan  ke skala Internasional itu adalah cita-citanya.

Dan yang paling menyenangkan dalam rapat ini semuanya mengiyakan, akan membantunya seperti Bapak Suratis ,Bapak  ini adalah wali kelas 7, beliau memiliki lahan pohon bamboo, Pak Zai juga memiliki keterampilan di bagian meubel bambu ,juga Bu Sanadi, beliau nanti yang akan menyediakan bambu-bambu nya dan akan mewujudkan barang yang tadi direncanakan yaitu tempat duduk dan rak buku semoga benar-benar terwujud.

Dan tidak lupa pula yang disampaikan tentang PESROM di mana sebentar lagi di bulan April ini ada bulan Ramadhan dan harus mengadakan kegiatan PESANTREN RAMADHAN dan Alhamdulillah semua bisa mengerti, paham dan mengiyakan apa yang dirapatkan di acara ini, hasilnya dari sini semua kita bisa membentuk sebuah paguyuban wali murid, karena muridnya hanya sedikit, sehingga saya hanya mengambil perwakilan dari kelas 7, 8 dan 9 nantinya akan saya jadikan Ketua ,Bendahara dan Sekretaris apabila sekolah ini membutuhkan bantuan tenaga dan pikirannya di sini yang terpilih adalah Bapak Misyono selaku ketua, Ibu Hajah Nabila selaku Bendahara dan Ibu Isnawati selaku Sekretaris ini adalah wali murid dari kelas 7 yaitu Farhan ,Bu Hajah Nabila ini dari wali murid kelas 8 yaitu adil dan ibu Isnawati ini adalah wali murid kelas 9 dari Arya.

Oh ya!, yang terakhir permintaan dari Kepala Dinas ,agar kita 100% siswa yang sudah vaksin kalau bisa 100% ,minimal 70% ternyata dari 38 siswa yang mau membuat surat pernyataan tidak bisa vaksin hanya dua yaitu siswi yang bernama Laila yang kedua adalah siswa yang bernama Saiful Bahri kalau Laila ini karena ada penyakit pengorbit tapi kalau Saiful Bahri ini karena takut jarum suntik sehingga saya meminta kepada wali muridnya untuk merayu agar putranya mau untuk vaksin karena semuanya demi keselamatan bersama

Semua telah terurai di acara inti akhirnya MC itu menyimpulkan semua dari awal sampai akhir bahwa sekolah ini butuh bantuan tenaga dan pikiran, wali murid semuanya agar bisa SMP Negeri 1Satu atap Botolinggo ini berkembang dari SMP Satu Atap nantinya akan menjadi SMP Reguler dan mohon bantuannya juga bisa menggiring siswa-siswi yang nganggur tidak melanjutkan ke sekolah tolong dikirim ke SMP Negeri Satu Atap Botolinggo dan juga mohon bantuannya untuk melancarkan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah SMP Negeri 1 satu Atap Botolinggo, baik dari tenaga pikiran dan dan pendanaan .Terima kasih semuanya Semoga ini menjadi ladang pahala dan menjadi amal jariyah yang tidak putus-putusnya karena kita telah berusaha untuk membangun Anak Bangsa ,bisa sukses meraih cita-citanya.

Botolinggo 30 Maret 2022

22 komentar untuk “MUSBER WALMUR DI SEMPABOSA”

  1. Terimakasih Pak Sugeng atas doa dan harapannya.Semoga Allah mengijaba doa kita semoga dan semoga Pak Sugeng dan keluarga sukses selalu

  2. Semoga semua usaha & perjuangan untuk memajukan sempabosa diberi kemudahan & kelancaran oleh Allah SWT…, Semangat bu Sri rahayu

  3. Semoga jerih payah kita bersama mmbuahkan hasil yg baik,itupun karena seijin Tuhan.
    Salam semngt dan tetap kompak kita semua…
    Sempabosa yes,,,yessssss

  4. Semoga rapat ini adalah awal dalam memajukan Sempabosa. Semua tidak luput dri kerja samaa dari ibu dan rekan rekan guru. Semoga selalu kompak dan semua dalam lindungan Allah SWT.

  5. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You obviously know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something enlightening to read?

  6. What i do not realize is actually how you’re now not really a lot more well-liked than you might be right now. You’re so intelligent. You know therefore significantly when it comes to this subject, produced me for my part believe it from a lot of numerous angles. Its like men and women don’t seem to be involved unless it is something to do with Lady gaga! Your personal stuffs great. All the time care for it up!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.